Yuk Kenali Apa Itu Datang Bulan!

  • Whatsapp
Yuk-Kenali-Apa-Itu-Datang-Bulan
Foto dari Canva Pro

Menginjak usia menjelang remaja biasanya perempuan sudah mulai alami datang bulan atau menstruasi. Sebagian perempuan bahkan sudah mengalaminya sejak usia dini dengan berbagai faktor, salah satunya faktor genetik. Apa itu datang bulan atau menstruasi? Apa saja gejalanya? Lalu bagaimana cara menghadapi gejala datang bulan setiap bulannya? Mari kita bahas bersama-sama.

Apa Itu Datang Bulan dan Bagaimana Gejalanya?

Datang bulan menggambarkan rutinitas bulanan yang dialami oleh perempuan saat menginjak usia dewasa. Datang bulan yang juga sering disebut menstruasi atau haid adalah peristiwa melepasnya pembuluh darah yang menempel pada dinding rahim akibat tidak adanya pembuahan.

Read More

Apa saja gejalanya? Keluar darah dari vagina dengan frekuensi tertentu dibarengi gejala tambahan seperti nyeri kram pada perut. Banyak gejala lainnya yang bisa dirasakan dan setiap perempuan bisa mengalami gejala berbeda-beda.

Cara Hadapi Datang Bulan

Anda yang baru mulai mengalaminya, wajar sekali bila masih merasa bingung bagaimana cara menghadapi rutinitas bulanan ini. Beberapa cara mudah yang bisa diterapkan, di antaranya:

1. Mengompres dengan Air Hangat

Perut terasa kram, nyeri, atau begah dan kembung saat menstruasi? Kompreslah menggunakan alat kompres air hangat. Air hangat akan mengurangi rasa nyeri tersebut dan membuat Anda merasa lebih rileks.

2. Lakukan Olahraga Ringan

Memang ketika menstruasi, perasaan untuk malas bergerak dan memilih untuk lebih banyak beristirahat sering menghampiri, ditambah beberapa gejala yang cukup membuat tidak nyaman. Tetapi Anda tetap harus bergerak aktif seperti melakukan olahraga ringan untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh.

3. Minum Pereda Nyeri Bila Perlu

Tidak kuat dengan rasa nyeri pada perut maupun bagian lain? Anda bisa konsumsi paracetamol dengan dosis sesuai sebagai obat pereda nyeri. Ada sebagian perempuan yang merasa tidak kuat dengan nyeri pada tubuhnya, sehingga membutuhkan bantuan obat-obatan.

4. Usahakan Buat Diri Lebih Rileks

Usahakan membuat diri lebih tenang dan hindari merasa stress ketika menstruasi tiba, karena hal ini malah memperparah gejala. Coba buat diri rileks dengan melakukan kegiatan yang disukai dan mengonsumsi makanan atau minuman favorit. Membuat tubuh dan pikiran yang lebih rileks akan membantu meminimalisir Anda mengalami mood swing atau perubahan mood yang cukup signifikan.

5. Kurangi Konsumsi Kafein

Jika Anda merupakan penggemar minuman atau makanan berkafein seperti kopi, coba berhenti dulu mengkonsumsinya saat menstruasi tiba. Kafein bisa memicu tubuh menjadi gelisah dan jantung berdebar-debar. Belum lagi efek kafein yang membuat tubuh lebih terjaga akan memicu rasa tidak tenang dan menyebabkan insomnia.

6. Istirahat yang Cukup

Tidur lebih cepat dan hindari begadang merupakan langkah terbaik hadapi gejala-gejala tidak nyaman karena menstruasi. Selain itu usahakan tidur yang berkualitas, tidur nyenyak dalam durasi yang cukup. Biasanya saat menstruasi rasa lelah lebih mudah muncul, oleh karenanya, di siang hari pun Anda bisa beristirahat dengan tidur sebentar  saja, 30 menit hingga 1 jam untuk mengurangi rasa lelah ataupun rasa pegal-pegal yang sering dialami ketika menstruasi.

Selalu menjaga kebersihan sangat disarankan ketika sedang menstruasi. Seperti mengganti pembalut secara rutin 3-4x dalam sehari. Selain itu juga menggantinya saat area vagina sudah terasa lembab juga lebih baik dilakukan. Lalu, apa itu datang bulan yang telat? Apakah normal? Menurut dokter, selama telat sekitar 1-2 minggu, masih tergolong wajar, khususnya untuk usia remaja dan dewasa muda, serta pada usia menjelang menopause.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *