Mengenal Ragam Manfaat Invoice Financing bagi Pelaku Bisnis

  • Whatsapp
Mengenal-Ragam-Manfaat-Invoice-Financing-bagi-Pelaku-Bisnis
Foto dari Canva

Di dunia bisnis, Anda akan menemukan istilah invoice financing. Tentunya hal ini harus dipahami dengan baik karena akan berpengaruh pada kelancaran bisnis Anda dan masa depannya nanti. Ini merupakan salah satu jenis solusi pendanaan modal bagi UMKM di tanah air. Anda bisa memperoleh modal usaha dengan menggunakan invoice pelanggan sebagai jaminan.

Pentingnya Penggunaan Invoice Financing

Tentunya sistem financing yang satu ini bisa mendatangkan beragam manfaat terutama bagi bisnis yang Anda jalankan. Sistem pendanaan ini sudah sangat populer di kalangan pelaku bisnis terutama bagi pebisnis dengan pelanggan yang punya invoice piutang. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari sistem pendanaan tersebut:

Read More

1. Memperoleh Dana Segar

Sistem ini akan membuat Anda dan pelaku bisnis lainnya bisa memperoleh dana segara dalam waktu yang singkat. Dana segar menjadi salah satu hal yang sangat diinginkan oleh para pelaku bisnis. Adanya aliran dana segar ini bisa menjadi tambahan modal dan proses pengembangan bisnis akan berjalan semakin lancar.

Anda sebenarnya bisa mendapatkan dana segar dengan menunggu klien atau pelanggan melakukan pembayaran. Namun bisa saja hal ini membutuhkan waktu yang terlalu lama. Agar proses tersebut berjalan lebih singkat maka metode ini bisa diterapkan.

2. Mempermudah Pengajuan Pinjaman

Invoice financing ini ternyata bisa membuat proses pengajuan pinjaman berjalan lebih mudah. Jika pebisnis membutuhkan modal tambahan untuk mengelola usaha, maka pengajuan pinjaman biasanya akan jadi pilihan. Proses pengajuan pinjaman secara konvensional umumnya ribet dan membutuhkan waktu yang lama.

Sistem pendanaan dengan menggunakan invoice sebagai jaminan ini dirasa akan mempermudah pebisnis dalam mendapat dana pinjaman. Ini bisa jadi alternatif bagi para pebisnis agar bisa meminjam uang dengan cepat memakai jaminan invoice. Prosesnya terbilang lebih singkat dari pengajuan pinjaman lainnya.

3. Memperlancar Arus Kas

Pemakaian sistem financing satu ini ternyata bisa membantu memperlancar arus kas bisnis Anda. Seperti diketahui bahwa arus kas yang lancar menjadi indikator bahwa bisnis berjalan dengan sangat baik. Apalagi jika Anda memiliki banyak pelanggan atau klien yang melakukan utang atau invoice-nya belum terbayarkan. Hal ini akan menyebabkan terjadinya hambatan arus kas.

Agar arus kas tersebut tetap lancar maka pakailah invoice ini untuk dijadikan sebagai agunan. Dengan begitu Anda tak perlu menunggu konsumen untuk melunasi invoice. Anda tetap bisa menerapkan sistem utang piutang namun arus kas juga bisa berjalan lancar.

4. Meningkatkan Angka Penjualan

Ketika arus kas berjalan lancar maka bisnis Anda juga akan beroperasi dengan lancar. Artinya proses produksi bisa terus berjalan dan marketing juga tetap bisa dilakukan. Hal ini kemudian akan membuat angka penjualan bisnis Anda meningkat tajam dan tentunya akan membuat Anda menerima untung berlipat. Dengan kata lain pertumbuhan bisnis Anda juga akan berjalan lebih cepat.

5. Mendukung Kelancaran Produksi

Sistem ini juga akan mendukung kelancaran produksi bisnis Anda. Dalam mengelola sebuah bisnis, Anda tentu berharap proses produksi akan selalu berjalan lancar. Kelancaran produksi ini bisa didapatkan jika arus kas juga lancar. Oleh sebab itu diterapkanlah sistem financing seperti ini demi mempertahankan agar proses produksi bisa terus berjalan.

Itulah 5 manfaat dari invoice financing yang ternyata begitu berpengaruh bagi keberlangsungan bisnis Anda. Tak hanya perlu melakukan financing seperti ini, Anda juga harus melakukan investasi demi kelancaran finansial bisnis. P2P lending adalah salah satu pilihan jenis investasi yang bisa Anda lakukan untuk kemajuan bisnis Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *