Cek Hal-hal Berikut Sebelum Mengirimkan Paket ke Ekspedisi

  • Whatsapp
Cek-Hal-hal-Berikut-Sebelum-Mengirimkan-Paket-ke-Ekspedisi
Foto dari Canva Pro

Menggunakan jasa kirim barang untuk membantu usaha saat ini telah banyak dilakukan, apalagi jika jenis usahanya berkaitan dengan penjualan online. Memasarkan barang melalui media online memang lebih mudah dan cepat dibandingkan melakukannya secara offline.

Namun, sebagai penjual online Anda akan sangat bergantung kepada jasa pengiriman atau ekspedisi. Selain memilih ekspedisi terpercaya dan amanah, Anda juga harus memastikan barang yang dikirim telah dicek sehingga tidak akan mengalami masalah saat pengiriman nantinya.

Read More

Tips Sebelum Mengirim Paket

Pada dasarnya, bukan hanya pihak ekspedisi yang harus berhati-hati ketika mengirimkan barang Anda. Akan tetapi, Anda pun harus memperhatikan paket kiriman sebelum menyerahkannya pada pihak ekspedisi. Berikut tips untuk Anda sebelum mengirimkan paket ke ekspedisi:

1. Pastikan Alamat Penerima Sudah Benar

Memastikan alamat penerima adalah hal utama yang harus dilakukan. Mulai dari ketika pembeli mengirimkan alamat kepada Anda harus dipastikan bahwa pembeli tersebut sudah mengirimkan alamat yang benar. Lalu ketika menuliskannya juga perlu dicek lagi.

Ketika menulis alamat juga harus diperhatikan dengan baik format penulisannya, kejelasan huruf dan angka pada penulisan, dan peletakan alamat tersebut pada paket.

2. Pastikan Tulisan Terbaca dengan Jelas

Sebelum mengirimkan paket ke jasa kirim barang untuk diantarkan ke alamat penerima, Anda harus memastikan tulisan alamat pada paket terbaca dengan jelas. Baik huruf dan angka yang tertulis di dalam alamat tersebut.

Penulisan bisa menggunakan huruf kapital untuk meminimalkan kesalahan baca. Bisa juga mengetik alamat di komputer kemudian mencetaknya, baru ditempelkan pada paket. Dengan demikian, Anda dapat yakin bahwa alamat penerima dapat terbaca dengan baik oleh kurir.

3. Perhatikan Lama Waktu Pengiriman

Setiap layanan pengiriman menawarkan lama waktu pengiriman yang berbeda, bahkan di satu ekspedisi bisa memiliki beberapa layanan waktu pengiriman. Biasanya, kecepatan pengiriman sangat bergantung pada biayanya.

Agar paket Anda lebih cepat sampai harus memperhatikan lama waktu pengiriman dari jenis layanan yang dipilih. Namun, harus diperhatikan juga biaya yang dikeluarkan. Rata-rata pengiriman 3-5 hari merupakan jangka waktu paling banyak dipilih pengirim.

4. Perhatikan Packing yang Digunakan

Pengemasan barang juga menjadi hal penting dalam proses pengiriman barang. Sebelum menyerahkan paket Anda ke ekspedisi, sebaiknya cek dahulu packing barang tersebut. Ingat, harus menyesuaikan pengemasan dengan jenis barangnya.

Misalnya, Anda mengirimkan barang berupa pakaian, maka packing paling pas bisa menggunakan plastik. Berbeda apabila mengirimkan produk elektronik harus dikirim menggunakan kardus dengan pengemasan yang lebih hati-hati karena rentan mengalami kerusakan dalam perjalanan ke alamat penerima.

Membuka bisnis penjualan online bukan hanya harus memperhatikan promosi saja. Melainkan juga harus memilih jasa kirim barang yang tepat. Selain itu, melakukan pengecekan kembali sebelum mengirimkan barang ke ekspedisi harus dilakukan. Mulai dari mengecek alamat penerima, penulisan, packing, juga lama waktu pengirimannya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *