Bibir Bayi Hitam? Yuk Cari Tahu Penyebabnya

  • Whatsapp
Bibir-Bayi-Hitam-Yuk-Cari-Tahu-Penyebabnya
Foto dari Canva Pro

Bibir bayi cenderung memiliki warna merah muda pasalnya saat baru lahir cenderung belum terkontaminasi. Biasanya jika nada menjumpai bibir bayi berwarna gelap hal ini dapat disebabkan oleh suhu udara yang terlalu rendah.

Sehingga membuat bayi terpapar udara dingin. Hal ini dapat memicu kadar oksigen yang mengalir pada tubuh akan menurun. Selain perlu mengetahui cara menghilangkan bibir hitam, juga penting mengetahui penyebabnya.

Read More

Penyebab Warna Bibir Gelap Pada Bayi

Dalam istilah medis kondisi bibir bayi yang memiliki warna gelap ini disebut dengan sianosis. Kondisi satu ini perlu diwaspadai karena kerap kali menjadi tanda bahwa bayi tersebut sedang mengalami gangguan kesehatan yang cukup serius. Bayi dapat mengalami sianosis apabila pasokan oksigen pada tubuh bayi berkurang. Hal ini bisa terjadi akibat bayi tidak memiliki hemoglobin yang cukup dalam tubuh.

Hemoglobin adalah kandungan molekul yang memungkinkan untuk sel darah merah mengalir mengedarkan oksigen pada seluruh tubuh. Dalam hal ini apabila hemoglobin pada tubuh bayi tersebut tidak tercukupi maka kulit akan berwarna kebiruan dan gelap. Berbeda dengan bayi yang memiliki hemoglobin yang cukup pada tubuh akan memiliki warna kulit cerah atau kemerahan.

Pada bayi yang memiliki warna kulit putih sianosis akan terlihat cenderung pada warna kebiruan atau keunguan jadian akan tampak sedikit lebam. Namun pada bayi yang memiliki pigmen warna kulit gelap tubuh akan berwarna hitam hal ini menyebabkan bibir bayi kehitaman. Bibir bayi hitam atau memberi merupakan kondisi klinis yang wajar ditemui pada bayi yang baru lahir.

Hal ini disebabkan karena suhu tubuh bayi belum bisa menyesuaikan dengan suhu ruangan. Biasanya warna bibir bayi akan berubah sekitar 1 hingga 2 hari setelah persalinan. Hal tersebut merupakan hal yang umum dialami semua bayi baru lahir. Namun jika anda mendapati bayi yang mengalami sianosis berkelanjutan atau warna hitam pada bibir tak segera mereda sebaiknya untuk anda berkonsultasi pada dokter pasalnya sianosis memiliki beberapa jenis.

Jenis  – Jenis Sianosis Pada Bayi

Sianosis sentral merupakan kondisi bibir bayi berwarna hitam yang dikarenakan rendahnya kadar oksigen pada tubuh. sehingga pembuluh darah tidak dapat mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. namun kondisi bayi dengan sianosis sentral juga dapat menjadi tanda bahwa bayi sedang mengalami penyakit serius antara lain, penyakit jantung bawaan seperti tetralogi fallot atau gangguan pada paru-paru hingga gangguan pada hemoglobin seperti methemoglobinemia.

Beberapa macam penyakit tersebut dapat membuat warna bibir pada bayi tampak lebih gelap. Terlebih saat kondisi tubuh bayi mengalami kekurangan oksigen berkepanjangan akan membuat seluruh tubuh membiru hingga mengeluarkan keringat dingin. Kondisi satu ini bisa berakibat sangat fatal apabila anda tidak segera melarikan bayi ke rumah sakit atau klinik terdekat untuk mendapat pertolongan pertama.

Bayi yang mengalami sianosis sentral biasanya cenderung memiliki wajah pucat. Sehingga bibir bayi hitam akan terlihat lebih jelas. Serta bayi yang mengalami sianosis sentral ini dapat mengeluarkan keringat dingin yang membuat tubuh bayi  menjadi lemas. Untuk itu apabila anda mendapati gejala tersebut anda bisa menghangatkan suhu ruangan atau membuka ventilasi udara.

Apabila sianosis sentral disebabkan oleh rendahnya kadar oksigen pada tubuh sehingga tidak dapat menghambat jalannya pembuluh darah. Terdapat sianosis perifer yang juga merupakan kondisi medis kekurangan oksigen namun bukan karena kadar oksigen yang rendah tetapi karena sirkulasi darah yang buruk. Kondisi satu ini biasanya menyebabkan ujung tangan dan ujung kaki akan berwarna biru hingga bibir bayi hitam.

Sianosis perifer biasanya disebabkan karena bayi mengalami dehidrasi berat atau suhu udara terlalu rendah sehingga bayi merasa kedinginan hingga menggigil. Untuk itu usahakan anda selalu mengatur suhu ruangan sesuai dengan suhu tubuh bayi. jika nada menggunakan pendingin ruangan pastikan anda tetap memberi lubang atau jendela pada ruangan tersebut agar oksigen dan karbondioksida dapat berputar sehingga tidak menimbulkan bayi sesak nafas.

Apapun penyebab dan jenis sianosis yang dialami bayi kondisi satu ini merupakan masalah kesehatan yang perlu anda waspadai. Pasalnya kondisi bibir bayi yang berwarna gelap sudah bukan kondisi yang umum apabila dalam waktu yang lama. Sebaiknya segera konsultasikan kondisi tersebut pada dokter agar tidak berkelanjutan yang dapat membuat akibat fatal pada bayi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *