Berbagai Perubahan pada Honda Beat Generasi Kedua

Berbagai-Perubahan-pada-Honda-Beat-Generasi-Kedua
Foto dari Honda

Ketika pertama kali diluncurkan, Motor Beat Street hadir hanya dengan satu tipe, yakni CBS (Combi Brake System). Belum terdapat fitur ISS (Idling Stop System), yaitu pengaman kunci kontak magnetik belum terintegrasi dengan jok dan sistem pencahayaannya masih menggunakan bohlam biasa. Begitu pula dengan kapasitas tangki bahan bakarnya yang hanya 4liter dan kapasitas bagasi di bawah jok hanya 11 liter. Untuk konsumsi bahan bakar skutik ini diklaim mencapai 55 km/liter.

Kini Honda Beat telah mengalami banyak perubahan. Tampilannya berubah cukup signifikan. Desain lampu depan sudah berubah dan sistem pencahayaannya semua sudah menggunakan LED. Namun Honda masih belum menyematkan fitur ISS. Panel meter tetap semua digital. Jika generasi sebelumnya menggunakan warna orange, maka generasi kedua ini menggunakan warna biru. Kapasitas tangki bahan bakarnya sudah meningkat menjadi 4,2liter dan kapasitas bagasi di bawah jok hanya 12 liter. Kunci kontak masih menggunakan pengaman magnetis, tapi sudah terintegrasi membuka jok. Perubahan lainnya berada pada desain peleknya, palangnya sudah berubah.

Read More

Honda Beat 2021 memiliki panjang 1.877 mm, lebar 1.074 mm dan tinggi 740mm. Tinggi tempat duduknya cukup bersahabat dengan postur orang Indonesia pada umumnya yakni 740 mm. Skuter matik ini memiliki jarak sumbu roda 1.256 mm dan jarak terendah ke tanah 147 mm. Untuk Sasisnya sudah menggunakan teknologi eSAF (enhanced smart architecture frame) dengan tipe backbone. Honda mengklaim bahwa dengan rangka terbaru ini lebih tahan dari defleksi (pembengkokan) saat dikendarai alias lebih kuat dari sasis sebelumnya. Di bagian kaki-kaki, Honda Beat dibekali suspensi konvensional. Suspensi model teleskopik dan suspensi belakangnya menggunakan sokbeker tunggal.

Sementara pada rodanya, Honda Beat 2021 menggunakan ban depan berukuran 80/90-14 dan belakang berukuran 90/90-14. Ukurannya tidak lebar tetapi masih cukup proporsional, karena bodinya juga ramping. Untuk bannya sudah memakai ban tubeless sehingga dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Sedangkan untuk sistem pengeremannya, Honda Beat 2021 hanya menggunakan rem cakram pada bagian depan saja. Rem belakangnya masih menggunakan rem tromol biasa.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.