5 Tips Memilih Mainan Sesuai Usia Anak

  • Whatsapp
5-Tips-Memilih-Mainan-Sesuai-Usia-Anak
Foto dari Canva Pro

Mainan merupakan salah satu pendukung anak bisa tumbuh dan berkembang sempurna. Sebagai orangtua yang bijak, Anda wajib memilih jenis mainan yang bisa mengasah kreativitas dan imajinasi si kecil. Mungkin Anda bisa menemukan berbagai macam mainan di Toys store dari harga termurah sampai paling mahal. Namun, sudahkah Anda tahu bagaimana cara memilih mainan sesuai perkembangan usia anak? Yuk, simak tips memilih mainan terbaik untuk buah hati tercinta berikut!

Memilih mainan anak yang tepat

Mainan bisa mengembangkan ide kreatif anak asal dipilih sesuai dengan perkembangan usia. Supaya tidak salah beli mainan yang kurang sesuai dengan usia anak, berikut 5 cara memilih mainan yang wajib Anda pertimbangkan yaitu :

1. Mewaspadai bagian mainan untuk anak

Sebaiknya periksa bagian mainan anak termasuk bagian paling kecil untuk memastikan tidak membuat anak tersedak. Aksesoris kecil atau konstruksi mainan yang kurang kuat bisa meningkatkan risiko bagian kecil masuk ke mulut. Sebaiknya pilih mainan dari Toys Store yang telah terbukti memiliki label SNI dan aman digunakan anak-anak sesuai usia mereka.

2. Memperhatikan nilai edukasi yang dimiliki

Tidak hanya sebagai sarana menghibur semata, pastikan anak mendapatkan nilai edukasi dari mainan tersebut. Untuk apa membeli mainan yang berharga mahal tanpa memberikan faedah, bukan?

Jika Anda bisa membeli jenis mainan yang memberikan nilai edukasi, misalnya Anda memberikan mainan puzzle berbentuk angka dan huruf sebagai media pembelajaran anak. Baik mainan modern atau tradisional yang bisa memberikan manfaat edukasi, kenapa tidak?

3. Memilih mainan untuk anak usia 0-1 tahun

Mainan bisa menjadi sarana untuk eksplorasi kemampuan si kecil untuk mengaktifkan panca indera dengan baik. Pastikan mainan benar-benar aman sebab bayi suka menggigit, meraih atau memasukkan mainan ke dalam mulut.

Contoh mainan yang direkomendasikan untuk bayi antara lain benda bersuara, bola warna-warni, mainan yang digantung, dan lain-lain.

4. Memilih mainan untuk anak usia 1-3 tahun

Pada tahap usia 1-3 tahun, anak-anak mulai ingin tahu dan Anda bisa mendukung proses anak mengenali lingkungan dengan mainan terbaik. Mainan yang bisa merangsang daya pikir, daya ingat, motorik halus, gerakan fisik, dan sebagainya sangat direkomendasikan untuk anak usia ini. Contoh mainan usia anak 1-3 tahun antara lain blok, boneka, sepeda tiga roda, dan lain-lain.

5. Memilih mainan anak usia 3-5 tahun

Jika anak Anda sudah menginjak usia 3 tahun, pilih jenis mainan yang memiliki nilai edukasi. Biarkan mereka belajar dengan memanfaatkan benda di sekitar atau mainan yang bisa memicu perkembangan otak lebih bagus.

Anak pada usia 3-5 tahun juga bisa memanfaatkan mainan bersama teman, misalnya boneka untuk belajar mendongeng, perlengkapan profesi, puzzle, lego, dan masih banyak jenis mainan edukatif lain.

Sedangkan anak-anak yang sudah berusia lebih dari 5 tahun bisa bermain di alam bebas, bersepeda, memainkan alat musik, dan segala hal yang bisa mendukung minat dan bakat mereka. Tidak ada salahnya untuk mendukung pertumbuhan minat dan bakat si kecil lewat media mainan, ya!

Terapkan tips memilih mainan yang tepat untuk anak sesuai dengan perkembangan usia di atas. Tak perlu pergi ke toko konvensional, Anda bisa memanfaatkan situs jual beli online terpercaya untuk membeli mainan yang berkualitas. Pilih mainan yang SNI dan murah hanya di Toys Store, ya! Dapatkan berbagai varian mainan terbaik untuk anak sesuai dengan perkembangan usia sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *