5 Pertimbangan Sebelum Melakukan Tukar Tambah TV

  • Whatsapp
5-Pertimbangan-Sebelum-Melakukan-Tukar-Tambah-TV
Foto dari blibli.com

Menjadi media hiburan sekaligus informasi arus utama, tak ayal membuat TV menjadi bagian dari kehidupan manusia. Teknologi terus berkembang, begitu pula TV yang semakin beragam fitur dan jenisnya. Untuk mengikuti perkembangan TV saat ini, tukar tambah TV mungkin dapat menjadi alternatif bagi Anda.

Pertimbangan Sebelum Menukar dan Membeli TV

Namun, sebelum Anda berniat untuk menukar TV lama dengan yang baru, Anda perlu memperhatikan 5 tips berikut ini. Yuk simak apa saja!

1. Siapkan dana

Meskipun tukar tambah TV dapat menambah pendanaan Anda dalam membeli TV baru, Anda tetap harus mempersiapkan estimasi dana yang akan dikeluarkan. Jenis TV yang telah keluar sekitar dua atau tiga tahun lalu memiliki harga lebih murah dibandingkan saat ini.

Sedangkan jika Anda menginginkan TV baru yang bisa digunakan hingga lima tahun ke depan, itu artinya harga TV tersebut juga lebih mahal. Itu artinya, Anda perlu menyiapkan dana tambahannya. Tidak hanya cerdas dalam mempertimbangkan dana, Anda juga perlu pandai dalam memikirkan spesifikasi TV baru.

2. Perhatikan spesifikasi

Langkah pertama sebelum melihat spesifikasi TV adalah jenis yang akan dipilih. Saat ini, terdapat 3 jenis televisi, yaitu TV LCD, Plasma dan LED.  Jika Anda membeli TV hanya untuk menonton siaran analog/UHF, jenis TV Plasma dapat menjadi pilihan yang murah. Meskipun teknologi yang dimiliki sedikit tertinggal.

Dibandingkan dengan TV Plasma, jenis TV LCD dan LED lebih unggul karena beberapa fitur baru yang ditawarkan. Meskipun memiliki teknologi hampir mirip, TV LCD dengan teknologi Cold Cathode Fluorescent Lamps (CCFL) lebih boros listrik. Sedangkan TV LED yang menggunakan LED Lamp mengkonsumsi daya listrik jauh lebih hemat.

Meskipun berbeda dalam konsumsi daya listrik, TV LCD dan LED memiliki tampilan high definition video (HD). Ukuran resolusi penting untuk diperhatikan. Hal tersebut dapat memaksimalkan pengalaman Anda dalam menonton TV. Apalagi jika Anda merupakan pengguna TV kabel atau berlangganan, akan lebih memaksimalkan fungsi full HD yang dimiliki TV LCD dan LED.

3. Apakah Anda ingin memasang perangkat tambahan?

Spesifikasi TV mempengaruhi perangkat tambahan yang akan Anda pasang. Apakah Anda akan menghubungan TV dengan Konsol game? Atau mungkin Chromecast? Pastikan TV pilihan Anda ketika melakukan  tukar tambah TV memiliki soket dan port yang sesuai dengan perangkat tambahan tersebut.

Jika Anda berniat memasang Nvidia Shield atau Apple TV dengan TV, Anda tidak perlu mengkhawatirkan platform yang terpasang dalam Smart TV tersebut. Meskipun pada umumnya akan lebih baik jika dipasangkan dengan perangkat eksternal. Selain itu, terdapat pula Android TV yang masih menjadi TV terbaik dengan sistem terintegrasi hingga saat ini.

4. Sesuaikan dengan ukuran ruang

Tata ruang merupakan hal penting karena berkaitan dengan estetika. Begitu pula dalam menaruh TV di dalam tempat tinggal Anda. Seringkali Anda berpikir bahwa semakin besar layar sebuah TV akan semakin bagus. Tetapi, hal tersebut perlu dipertimbangkan kembali.

5. Membaca ulasan pengguna

Jika Anda masih bingung dan ragu dalam membeli TV baru, membaca ulasan pengguna bisa menjadi referensi. Ketersediaan internet yang tidak terbatas, mampu membantu Anda mencari ulasan dari orang-orang yang pernah atau sedang menggunakan TV dambaan Anda.

Pilihlah ulasan yang berasal dari sumber-sumber terpercaya. Maksimalkan referensi bacaan ulasan yang tersedia. Pertimbangkan beberapa ulasan berbeda dari satu TV yang sama hingga Anda merasa tertarik dan yakin untuk membelinya.

Demikianlah hal-hal yang sebaiknya Anda pertimbangkan sebelum melakukan tukar tambah TV baru. Pastikan Anda memilih TV sesuai kebutuhan, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *